Jumat, 12 Mei 2017

Manfaat Senam Aerobik




Manfaat Senam Aerobik – Melakukan senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita, terutama melakukan senam ini secara rutin dan teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.
Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga santai yang sangat menyenangkan dan dapat dilakukan oleh siapa saja mulai dari pria, wanita, ibu hamil, orang tua dan bahkan sangat baik juga dilakukan oleh anak-anak untuk membantu mempercepat tumbuh kembang mereka.


11 Manfaat Senam Aerobik
Manfaat melakukan senam aerobik masih sangat banyak sekali, untuk lebih jelasnya kita simak informasinya berikut ini.

1. Menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari

Melakukan senam ini secara rutin dan teratur dapat menjadikan tubuh kita selalu bugar dan bersemangat sepanjang hari dalam melakukan berbagai aktivitas.

2. Menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina


Seseorang yang rajin melakukan aktivitas olahraga ini dapat menjadikan daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat, sehingga tahan terhadap serangan penyakit seperti demam, batuk dan jenis penyakit yang diakibatkan oleh faktor cuaca. Selain tahan terhadap serangan penyakit, stamina tubuh pun akan tetap terjaga sepanjang hari.
3. Menjaga kestabilan fungsi jantung

Melakukan jenis olahraga ini mampu menjaga dan menstabilkan denyut jantung kita, sehingga jantung kita akan tetap sehat. Memiliki jantung yang sehat, maka secara otomatis akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan jantung.

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya lakukan senam ini secara rutin dan teratur. Dalam beberapa bulan, berat tubuh anda akan mulai berkurang sedikit demi sedikit. Hal ini dikarenakan, olahraga ini mampu membakar lemak dan kalori dengan baik.

5. Mencegah stroke


Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit stroke, melakukan olahraga ini tentunya dapat membantu mengatasinya. Hal ini dikarenakan, senam ini dapat melemaskan otot dan saraf yang tegang
6. Menghilangkan stres


Stres akibat pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dapat menjadikan badan kita merasa kaku dan tegang, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Tetapi jika kita rajin melakukan senam aerobik ini, maka otot-otot yang kaku akan menjadi lebih rileks dan pikiran akan menjadi lebih tenang.
7. Dapat membersihkan arteri

Arteri yang kotor akibat penumpukan kolesterol jahat dapat menyebab timbulnya berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol, tetapi dengan melakukan latihan senam ini secara rutin dan teratur dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat di dalam arteri.

8. Dapat meringankan saluran pernafasan

Bagi anda yang suka merokok atau memiliki gangguan pernafasan, senam ini sangat baik untuk dilakukan karena dapat meringankan dan melancarkan saluran pernafasan.

9. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Melakukan senam aerobik dengan teratur mampu melancarkan sirkulasi darah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi.

10. Dapat mencegah osteoporosis

Melakukan senam aerobik juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang, sehingga anda akan selalu bebas bergerak.

11. Awet muda


Selain dapat menjaga kesehatan, ternyata senam ini juga dapat menjadikan kita tampak lebih muda dari usia sesungguhnya. Hal ini dikarenakan, alirah darah yang menjadi lancar dapat membuat kulit kita tetap terjaga kesehatan dan kekenyalannya.
Nah, setelah tahu berbagai manfaat yang dapat dirasakan dengan melakukan senam aerobik ini apakah anda tertarik untuk mencobanya? Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba…


EmoticonEmoticon