Rabu, 17 Mei 2017

8 Tips Mengatur Keuangan Untuk yang Hobi Travelling




Belakangan ini berlibur ke suatu tempat baru sudah menjadi sebuah kebutuhan khusus. Banyak yang rela menyisakan sebagian uangnya untuk merencanakan travelling dari jauh-jauh hari. Walaupun waktu berlibur masih jauh budget travel juga harus mulai disusun dari jauh-jauh hari. Berikut adalah 8 cara mengatur keuangan untuk kamu yang hobi travelling atau sedang merencanakan liburan.

Langsung sisihkan gaji
Kalau kamu memang sudah berniat untuk pergi liburan artinya kamu juga harus punya komitmen untuk menabung. Salah satu caranya adalah langsung menyisihkan atau membagi gaji kami ke beberapa pos. Kebanyakan orang menabung 10% gaji mereka untuk biaya berlibur. Jadi enggak ada salahnya untuk langsung memisahkan biaya liburan di rekeningan tabunganmu.

Beli tiket pesawat saat promosi
Berlibur memang membutuhkan banyak biaya terutama untuk transportasi. Tiket pesawat menjadi salah satu penentu apakah kamu bisa berhemat selama travelling ke luar ataupun dalam negeri. Beli lah tiket pesawat saat ada promosi karena harganya bisa sangat murah 50%-60% lebih murah. Coba manfaatkan berbagai promosi di situs online dan promosi kartu kredit.

Pilih penginapan yang murah
Salah satu trik lain yang bisa membuat liburan murah adalah dengan memilih penginapan yang sesuai dengan budget-mu. Jadi mending dari awal kamu sudah membuat perincian soal budget hotel misalnya dalam satu hari biaya untuk menginap Rp 350 ribu. Cara ini bisa membuat liburan murah meriah karena sebenarnya penginap hanya untuk tidur dan mandi saja kan. Coba pilih penginapan seperti hostel atau apartemen yang disewakan untuk menekan budget liburan.

Buat itinerary selengkap mungkin
Membuat budget, itinerary perjalanan, dan menabung harus berjalan bersama-sama. Kalau kamu sudah buat itinerary kamu langsung bisa membuat daftar pengeluranmu selama berlibur. Nah, kalau sudah tahu budget artinya kamu langsung bisa menabung dan mengira-ngira apakah liburanmu bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Cari tempat wisata yang gratis
Sekarang enggak susah menemukan tempat wisata di negara laian karena kamu bisa melihat berbagai rekomendasinya di internet. Coba deh cari tempat wisata yang enggak membutuhkan tiket masuk. Tempat wisata murah ini jumlahnya banyak loh, asal kamu jeli melihatnya tempat wisata murah ini kadang bisa lebih bagus dari tujuan wisata yang mainstream.

Beli tiket atraksi secara online
Zaman sekarang yang serba online tiket museum atau atraksi di berbagai negara bisa dibeli dengan harga murah. Di situs-situs online kamu bisa mendapatkan tiket tempat wisata murah dan kadang juga ada promo untuk beberapa tempat wisata. Menghemat biaya untuk tempat wisata juga bisa membuat liburan murah.
Manfaatkan promosi untuk turis
Kalau kamu berniat untuk berlibur a la backpacker murah meriah, kamu juga harus cari informasi soal promosi khusus turis. Promosi-promosi ini bisa sangat menguntungkan saat travelling. Beberapa kota bahkan menyediakan bis gratis untuk turis loh.

Gunakan kartu pelajar
Kalau mahasiswa atau masih pelajar hal ini bisa banget mengurangi budget itinerary yang sudah kamu buat. Biasanya museum-museum memberlakukan harga pelajar untuk tiket masuknya. Tiket masuk museum di luar negeri harganya lumayan mahal kalau pakai kartu pelajar bisa diskon sampai 50% loh lumayan kan untuk ngirit selama travelling.

Tips mengatur keuangan ini dijamin bisa membuat biaya liburan jauh lebih hemat. Biar semakin irit kamu juga bisa memilih tempat wisata yang murah misalnya saja Thailand yang punya nilai mata uang lebih rendah dari Indonesia.


EmoticonEmoticon