Sabtu, 01 Oktober 2016

Anak Kosan Gak Usah Gaya-gayaan Laundry, Nyuci Aja Sendiri. Pake Nih 8 Tips Ini!

Anak Kosan Gak Usah Gaya-gayaan Laundry, Nyuci Aja Sendiri. Pake Nih 8 Tips Ini!

Masalah yang menimpa anak kosan tentu aja duit. Tapi perkara cucian emang gak pernah beres. Ada aja hal-hal yang bikin nyuci jadi males. Makanya kadang suka ngambil jalan pintas dengan laundry kiloan. Eits, gak usah deh laundry-laundry lagi. Mahal tau. Mending cuci aja sendiri. Nih ikutin tipsnya!

1. Nyuci di Malam Hari


Lah kok nyuci malem-malem? Sekarang MBDC tanya, emang kamu sanggup bangun pagi? Gak usah sok produktif deh bangun pagi terus nyuci. Daripada gak jadi-jadi tuh nyucinya, nyucinya malem aja. Tenang, gak usah takut apek. Karena...

2. Pake Pewangi Anti Bakteri


Kalo kamu pake pewangi pelembut yang anti bakteri atau yang udah ada woro-woro iklannya gak akan bikin pakaian apek, nyuci malem dan membiarkan pakaian basah semaleman gak jadi masalah.

3. Tidurkan Ember


Maksudnya, setelah kamu selesai pake pewangi pelembut, kamu kan biasanya meres gitu kan biar langsung kering. Nah jangan kayak gitu. Jadi kamu tidurin embernya, sampe air yang ada di ember turun semua. Kalo udah gak ada air yang netes, masih dalam posisi tidur, kamu taro si pantat ember di tempat yang lebih tinggi misalnya di undakan kecil atau di atas batu bata gitu atau apa kek. Hati-hati jangan sampe baju kamu merosot ke lantai. Tunggu sampai bener-bener gak ada air yang netes, baru deh jemur. Kira-kira butuh waktu setengah jam deh.

4. Jangan Diperas Terlalu Keras


Ini penting kalo kamu gak mau susah-susah nyetrika setelah mencuci. Karena sudah melalui proses nomor tiga, jadi air yang ada di pakaian gak terlalu banyak lagi. Makanya kamu gak perlu memerasnya terlalu kuat sampe dipelintir-pelintir gitu. Cukup diremes manja aja. Abis itu dikepret dah tuh bajunya biar lurus dan kembali ke bentuk aslinya lagi. Jadi setelah kering dia gak akan kusut-kusut banget, dan bahkan gak perlu disetrika jadinya.

5. Jangan Menumpuk Saat Menjemur

Jadi setelah dikepret, jemur dengan jarak yang gak terlalu deket, apalagi numpuk. Kalo baju tangan panjang, si tangannya juga kamu sangkutin di jemuran, jangan dibiarkan menjuntai ke bawah. Tapi perhatikan juga jangan sampe dia berlipat di tempat yang gak seharusnya.

6. Pakaian yang Kecil Gantung di Hanger

Ngejemur yang kecil-kecil kayak kaos kaki atau daleman gitu kan suka cemas takut terbang tuh, makanya beli aja alat kayak di atas. Kalo gak punya yang kayak gitu, bisa kok pake hanger biasa, terus dijepit di tengah-tengah si hanger dengan penjepit baju. Dijamin gak akan kabur tuh.

7. Jangan Ditinggal

Kalo masih ada yang basah dikit, kayak di kerahnya atau di lengannya gitu, angkat aja. Kalo bisa jangan ditinggal saat kamu bepergian. Cuaca kan gak menentu banget tuh, bisa aja tau-tau siang hujan dan jemuran kamu jadi ikut kebasahan lagi. Makanya bawa masuk tapi jangan ditumpuk. Gantung di hanger aja di kamar. Tapi tetep jangan dalam posisi numpuk ya.

8. Setelah Kering Langsung Lipat, atau Gantung di Hanger

Untuk menghindari menyetrika terlalu banyak atau malah menghindari menyetrika sama sekali, sebaiknya udah aja langsung dilipat untuk yang bahannya kaos atau yang gak gampang kusut kayak sweater, jeans, gitu-gitu, dan gantung yang tangannya panjang kayak kemeja dan yang bahannya gampang kusut.
Tuh, gampang kan? Gak susah kok untuk jadi anak kosan yang independen! Gak perlu tuh keluar duit berpuluh-puluh ribu untuk nyuci doang. Sendiri juga gak susah. 


EmoticonEmoticon